Peserta Didik Baru Angkatan XII SMAN 2 Lintongnihuta Dikukuhkan

Kadis Pendidikan Sumut Dr H Asren Nasution MA mengukuhkan anak didik baru Angkatan XII SMAN 2 Lintongnihuta di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sabtu (19/8/2023).

topmetro.news – Kadis Pendidikan Sumut Dr H Asren Nasution MA mengukuhkan anak didik baru Angkatan XII SMAN 2 Lintongnihuta di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sabtu (19/8/2023).

Pengukuhan itu dihadiri Bupati Humbahas diwakili Sekda Drs Tonny Sihombing MIP, Direktur Produk Hukum Daerah Ditjen Otda Kemendagri Drs Makmur Marbun MSi, anggota DPRD Sumut Dr Jonius Taripar Parsaoran Hutabarat, Pabung 0210/TU Mayor Ojak Simarmata, anggota DPRD Humbahas Poltak Purba, Asisten Administrasi Umum Pemkab Humbahas Janter Sinaga, Kadis Pendidikan Humbahas Jonny Gultom, Kadis Pendidikan Dairi Drs JW Purba dan lainnya.

Kacabdis Pendidikan Wilayah IX Drs Alfred H Silalahi mengatakan peningkatan pendidikan sudah terlihat nyata di SMAN 2 Lintongnihuta. Hasil laporan LMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri) tahun 2021, SMAN 2 Lintongnihuta berada pada urutan ke-14 SMA/MA se-Sumut, tahun 2022 meningkat menjadi urutan ke-8. Guru yang mengikuti program Guru Penggerak sebanyak 4 orang dan tahun ini hampir semua guru mengikuti seleksi Guru Penggerak untuk Angkatan 9 dan 10.

Siswa Angkatan XII yang dikukuhkan sebanyak 72 dengan perincian laki-laki 36 dan perempuan 36 orang. Siswa-siswi Tahun Pelajaran 2021/2022 lulusan sebanyak 68 orang dengan perincian masuk PTN jalur SNMPTN 9 orang, jalur SBMPTN 40, beasiswa Unhan 8, PTS 5 dan kedinasan 2 orang. Tahun 2022/2023 yang lulus 61 orang dengan perincian masuk PTN jalur SNBP 10 orang, jalur SNBT 37, beasiswa Unhan 6 dan di PTS 6 orang. Seorang siswa meraih Beasiswa Indonesia Maju (BIM) atas nama Jeconia Pistardo Purba sudah menjalani studi di Bali selama 1 tahun.

Tonny Sihombing menjelaskan pembangunan SMAN 2 Lintongnihuta dimulai tahun 2009 dan penerimaan siswa baru tahun 2012. Tahun 2014, diberlakukan UU Nomor 23 tahun 2014 tentang otonomi daerah, pengelolaan SMA sederajat menjadi kewenangan Provinsi Sumut. Demi peningkatan kualitas dan SDM untuk mewujudkan Indonesia maju, sejak 2017 Pemkab Humbahas telah memprogramkan pemberian beasiswa bagi siswa dan mahasiswa yang berprestasi.

Beasiswa itu diberikan yang masuk ke SMA Del Laguboti, SMA TB Soposurung Balige, SMA Matauli kelas A Sibolga dan mulai tahun ini siswa-siswi di SMAN 2 Lintongnihuta yang berada di peringkat 1-10. “Ini akan kita kaji secara terus menerus agar seluruh siswa SMAN 2 Lintongnihuta yang berdomisili di Kabupaten Humbahas boleh mendapat beasiswa. Anak-anak kami dapat berkompetisi sehat untuk menjadi yang terbaik dari yang sudah baik. Pemberian beasiswa ini didasari dengan pola pikir bahwa siswa merupakan aset sumber daya manusia yang perlu mendapat motivasi dan dukungan. Ini salah satu visi Humbahas yaitu Humbang Hasundutan maju dan bermentalitas unggul,” harap Tonny Sihombing.

Tonny Sihombing menambahkan SMAN 2 Lintongnihuta sudah menjadi sekolah favorit di lingkungan Humbang Hasundutan maupun dari luar. Buktinya banyak siswa-siswi yang berasal dari luar Humbang Hasundutan. “Kami berharap kepada anak kami siswa-siswi SMAN 2 Lintongnihuta, jadilah anak yang berguna dan dapat membanggakan orangtua, keluarga termasuk bangsa dan negara. Tetap semangat, raih cita-citamu,” harap Tonny.

Dalam pengukuhan itu, Kedewanan se-Margu, diwakili 5 Kepala Desa menyerahkan surat tanah kepada Kadis Pendidikan Sumut untuk pembangunan SMAN 2 Lintongnihuta non asrama. Kepala Desa Siponjot Deka Silaban ST menjelaskan sejak berdiri SMAN 2 Lintongnihuta, hanya 2 orang siswa dari Kedewanan se-Margu.

“Anak-anak kami butuh pendidikan pak, masyarakat di lima desa sepakat membeli tanah persis bersebelahan dengan lokasi SMAN 2 Lintongnihuta ini. Tanah itu kami beli, dan hari ini surat tanah kami serahkan kepada Kadis Pendidikan Sumut, dengan harapan segera dibangun ruang kelas baru, untuk bisa menampung anak-anak kami di sekolah ini, kelas regular pak dan tahun ajaran 2023/2024 sudah bisa menerima siswa baru,” harap Deka Silaban.

reporter | S Marihot Pakpahan

Related posts

Leave a Comment